.

Dinas Syari'at Aceh bekerjasama dengan Dinas Syari'at Islam Kabupaten Pidie mengadakan Pelatihan Takmir Masjid Se-Aceh di Kabupaten Pidie selama 2 ( Dua Hari ) dari tanggal 13 s/d 14 Februari 2019 dengan Pemateri yang berasal dari Provinsi maupun dari Kabupaten.


Sekretaris Dinas Syari'at Islam Pidie, Drs. Abdul Kadir Muhammad yang mewakili Kadis Dinas Syari'at Islam Pidie dalam sambutan mengatakan Pelatihan Takmir Masjid yang dilaksanakan di Kabupaten Pidie tahun 2019 di Pusatkan Di Masjid Jamik Al-Ikhlas di Perumnas Lhok Keutapang Kec. Pidie selama dua hari yaitu hari Rabu dan Kemis. yaitu untuk melatih para Takmir Masjid untuk mengalakan dengan memakmurkan Masjid kearah yang lebih baik.
Pungsi masjid di samping untuk melaksanakan beribadah berpungsi juga untuk Pusat pembinaan Ruhiyah ( Tarbiyah Ruhiyah ), Pusat Sprtual, Pusat Pendidikan, Pusat Kegiatan Sosial, Pusat Pemerintahan, Pusat Kegiatan Ekonomi Ummat, Pusat Kesehatan Ummat. " kata Drs. Abdul Kadir Muhammad.
Kepala Dinas Syariat Islam Aceh DR. EMK ALIDAR, S.Ag, M.Hum dalam sambutan mengatakan kewenangan Pemerintahan Aceh merupakan pelaksanaan keistimewaan Aceh yang antara lain penyelenggaraan kehidupan beragama dalam bentuk pelaksanaan syari’at Islam bagi pemeluknya di Aceh dengan tetap menjaga kerukunan hidup antarumat beragama, penyelenggaraan kehidupan adat yang bersendikan agama Islam, penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas serta menambah materi muatan lokal sesuai dengan syari’at Islam, peran ulama dalam penetapan kebijakan Aceh, dan penyelenggaraan dan pengelolaan ibadah haji sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Kegiatan Pelatihan Takmir Masjid ini langsung di buka oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh.


Pelatihan hari Pertama ( Rabu ), 13/02 
dengan Pemateri yaitu; 
1. DR. EKM ALIDAR, S.Ag, M.Hum, Kadis D.S.I Aceh 
dengan tema; Kebijakan Pemerintah Aceh Tentang Pelaksanaan Syariat Islam.

2. H. AHkYAR, M.Ag, Penyuluh KUA Kec. Krueng Barona Jaya Kab. Aceh Besar. 
Dengan Tema; Revitalisasi Peran dan Pungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Dakwah dan Pembinaan Ummat.

3. DR. MULIA RAHMAN, S.Pd.I, M.A Ketua BKPRMI Kodya Banda Aceh 
dengan Temanya; Menejemen Pengelola Masjid ( Langkah-Langkah Pemakmur Masjid, Upaya Penangganan Krisis Masjid dan Penataan Perpustakaan Masjid.

Pada hari Kedua ( Kemis ), 14/02
1. Tgk. H. ABU ISMI ILOT, KETUA MPU PIDIE 
Dengan Tema; Fikih Mashab dan Tasamuh ( Tolreansi ) dalam persoalan ibadah

2. DR. Khairizzaman Arahman M.Ag, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kab. Pidie. 
Dengan Tema; Peningkatan Kapasitas Pengurus Masjid dalam bacaan dan pemahaman Al-Qur'an

3. T. SABIRIN, S.H, M.M Kadis Dinas Syari'at Islam Pidie 
dengan Temanya; Partisipasi dalam memakmur dalam Masjid ( Peluang, tantangan dan Strategi )

Panitia Pelaksanakan kegiatan mengucapkan terimaksih kepada pengurus Masjid dalam Kabupaten Pidie atas partisipasinya dalam mengikuti kegiatan ini. (Iswadi)
Sponsor Link
Next
This is the most recent post.

Posting Komentar

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}