.

Logo Relawan TIK Pidie

Profil Lembaga
Relawan TIK Indonesia
Pengurus Cabang Kabupaten Pidie


PROFIL LEMBAGA

Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) adalah bagian dari Relawan TIK Indonesia yang merupakan sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan/ilmu pengetahuan di bidang Teknologi dan Komunikasi bagi para anggota serta warga masyarakat.

Awal mula Relawan TIK Pidie adalah komunitas anak-anak muda gampong yang berkumpul sebagai perkumpulan pegiat dan komunitas pengguna, pengembang dan pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi, yang ingin memajukan gampongnya lewat pemanfaatan TIK yang berada di Kabupaten Pidie

Relawan TIK Pidie - Bappeda Provinsi Aceh
Kiprah Relawan TIK Pidie pada acara FGD di Bappeda Provinsi Aceh
Seiring berjalan waktu, komunikasi terus terjalin dengan berbagai Stockholder mulai dari Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat Aceh maupun Nasional dan Komunitas IT Aceh professional, sehingga melahirkan ide untuk membentuk  Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah Pidie Relawan TIK Indonesia) yang akan menjadikan relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa mulai dari gampong.

VISI 

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

MISI 

Untuk mencapai tujuan dan menghujudkan visi tersebut, Relawan TIK Pidie memiliki misi :
  1. Menghimpun dan membina potensi Relawan TIK dalam satu wadah yang terorganisir, untuk mencapai efisiensi, manfaaat dan efektivitas kegiatan secara optimal;
  2. Mempersiapkan kader-kader Relawan TIK secara intelektual, pribadi dan sosial serta moral khususnya di Relawan TIK Indonesia 5 bidang TIK sebagai unsur generasi penurus pembangunan dan perjuangan bangsa;
  3. Mengusahakan secara bersama-sama agar tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun kebijakan, landasan program dan rencana kegiatan  yang sesuai dengan perkembangan teknologi guna ikut serta mengarahkan kemajuan masyarakat;
  4. Menjalin terselenggaranya kordinasi, kerjasama, kalaborasi dan komunikasi dengan komunitas para pemangku kepentingan serta pihak lain, agar secara sinergis dan saling menguntungkan “mendayagunakan sumberdaya TIK untuk pembangunan berkelanjutan dengan keberpihakan jender, aksi afirmatif bagi minoritas, nettral teknologi serta ramah lingkungan”.

Kegiatan Yang Sudah Dilaksanakan

Ridwan Kamil Walikota Bandung
    Destika Award 2014
  1. Di tahun 2015 Gampong Cot Baroh kembali mengukir prestasi gemilang sebagai juara satu gampong IT se Aceh berdasarkan hasil penilaian Komunitas Aceh Smart City, penghargaan tersebut diserahan langsung oleh Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung) kepada Saudara Muhammad Dahlan Gantoe pada acara Membangun Gampong TIK dengan tema #AcehThank ToTheWorld.
  2. Sejalan dengan program tersebut Gampong Cot Baroh pernah meraih Destika award 2014 pada festival desa teknologi informasi dan komunikasi (Destika) yang merupakan salah satu program andalan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Apa Yang Akan Sedang Berlangsung di Pidie Dalam 2016

  1. Pendampingan web gampong dan pelatihan jurnalistik dasar
  2. Kapasitas SDM, Pemberdayaan Masyarakat, Literasi TIK, Internet Syariah;
  3. Infrastruktur, gadget, Sekuriti dan Jaringan;
  4. Pengembangan aplikasi informatika dan konten dijital, aplikasi open source dan piranti lunak legal;
  5. Konservasi budaya, program inklusi sosial, Green ICT, Penanggulangan Bencana, krisis dan kondisi darurat;  
  6. Hubungan internasional, persaudaraan Relawan TIK. 

Harapan Kami Para Relawan TIK Pidie

Pelatihan Jurnalistik DasarDemi terwujudnya Masyarakat Pidie Yang Islami, Sehat, Cerdas, Makmur, Damai Dan Bermartabat, maka kami mengharapkan dukungan seluas luasnya dari seluruh elemen masyarakat dalam menggerakkan Pidie yang maju dan bermartabat melalaui ICT. Oleh karena itu untuk menjalankan kegiatannya, Relawan TIK Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Pidie memerlukan sinergi dalam menjalankan program kerjasama, antara lain:
  1. Instansi Pemerintah Pusat cq. Kementerian Kominfo RI
  2. Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie cq. Dishubkominfo Pidie
  3. Instansi Pemerintah Daerah SKPK Kabupaten Pidie yang terkait lainnya.
Kami juga mengajak kawan-kawan yang memiliki hobi dengan IT, aktifis IT bersama Komunitas / Relawan TIK Pidie untuk sama-sama bergerak dalam pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bersama dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah diambang pintu.


Relawan Teknologi  Informasi dan Komunikasi




Sponsor Link

RTIK Pidie

{picture#https://4.bp.blogspot.com/-xnDCl_Y5ff8/VsXl9b7QZ1I/AAAAAAAAAnc/yIU7pF5dom0/s320/Logo%2BRTIK%2BPidie.png} Relawan TIK Pidie (Pengurus Daerah - Relawan TIK Indonesia) merupakan bagian dari Relawan TIK Indonesia dengan misi pengembangan pengetahuan dan pendampingan pemanfaatan Teknologi Komunikasi bagi masyarakat Pidie. {facebook#https://www.facebook.com/rtikpidie} {twitter#https://twitter.com/rtikpidie} {google#https://plus.google.com/+RtikpidieBlogspotIdPidie/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCK9aWVeJgR4LnAp7wILQbiA}